Cara Menampilkan File Doc di Postingan Blogspot - Terbaru 2020

Anda ingin menampilkan file dokumen di postingan Blog?

Sebagai blogger dengan pilihan niche guru bahasa Arab, salah satu konten yang ingin saya tampilkan adalah RPP atau materi pembelajaran yang saya buat. Nah, alhamdulillah saya sudah menemukan caranya nih. Berikut ini Cara Menampilkan File Doc di Postingan Blogspot.

Yang saya contohkan ini adalah file .docx. Anda juga bisa menampilkan Slide atau Excel dengan langkah ini.

Begini caranya:

1. Upload File yang ingin Anda tampilkan di Blog ke Drive (drive.google.com) dan set dokumennya menjadi dapat diakses berdasarkan link.


Klik Bagikan
Setelah klik link bagikan sebagaimana di atas, akan muncul pop up sebeagai berikut:

Klik Link Pojok kanan. Sebelum diklik, gambar rantai diatas tidak berwarna hijau.

Setelah melakukan dua tahap diatas di drive, kita lanjutkan ke tahapan berikutnya.

2. Akses doc.google.com, dan akan tampil seperti gambar di bawah:


Klik langsung dokumen yang ingin ditampilkan.
Lalu muncul:
Klik hanya lihat!


Sehingga masuk ke halaman dokumen seperti dibawah ini:

Lanjutkan klik titik tiga di pojok kanan atas.

Akan tampil opsi seperti di gambar, klik sematkan

Setelah Anda klik, maka akan tampil html seperti ini:

Copy kodenya.

3. Masuk ke halaman postingan blog Anda:


Klik HTML > Paste kodenya.
Kalau contoh yang saya buat, kodenya saya tempelkan di paling bawah postingan. Setelah dipaste bisa klik compose untuk lihat hasilnya ...

Seperti ini:


Kalau sudah oke, silahkan klik Publish/Publikasikan!


Hasilnya tampil seperti di bawah ini.


Cara Menampilkan File Doc di Postingan Blogspot - Terbaru 2020