5 Kanal Youtube Belajar Bahasa Arab yang Terbaik versi Fahrizal Mukhdar

Belajar bahasa itu fitrah. Sejak lahir sampai detik ini kita terus belajar bahasa. Bahasa ibu, bahasa pergaulan, bahasa nasional dan bahasa asing. Semuanya kita pelajari. Namun, entah kenapa pelajaran bahasa (terutama bahasa asing) itu kalau sudah masuk sekolah jadinya malah memusingkan? Hayo, kenapa? Hehe. Silahkan jawab sendiri. Sampaikan di kolom komentar ya jawabannya!

Pada postingan sebelumnya saya juga sempat menyinggung tentang fitrah berbahasa yang pada intinya belajar terbaik berbahasa itu adalah dengan mendengarkan dan menyaksikan. (Baca: Formula Belajar Bahsa Arab yang Mudah, Memahamkan dan Menyenangkan). Nah, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bisa mendengarkan dan menyimak ketika lingkungan kita dan sekolah jauh dari bahasa Arab? Apa yang harus dilakukan?

Supaya kegiatan mendengar dan menyaksikan bahasa Arab lebih intens, kita bisa mendapatkan langsung contohnya dalam kanal Youtube. Teknologi informasi saat ini cukup membantu kita untuk belajar bahasa Arab lebih efektif. Karen kita bisa mendengar langsung bahasa Arab dari penutur aslinya.

Nah, berikut ini saya sajikan 5 kanal Youtube Belajar Bahasa Arab yang Terbaik versi saya. Setiap kanal memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing yang sangat membantu dalam proses belajar.

Baiklah, langsung saja:

1. Arabic Blooms


Kanal Arabic Blooms ini sangat bagus diikuti untuk memaksimalkan kemampuan mendengarkan (maharah istimaa') siswa. Konten di dalamnya pun sangat terstruktur dan mudah dimengerti. Dengan pengantar penjelasan menggunakan bahasa Inggris, materi disampaikan dengan secara pelan, jelas dan mudah dipahami.

Konten yang menjadi unggulan dalam kanal ini adalah Learn Arabic Through Short Story. Didukung dengan gambar yang menjelaskan peristiwa dan konteks secara gamblang, bahasa Arab jadi sangat mudah dipahami di kanal ini.


2. Learn With Zakariya - تعلم مع زكريا


Kanal Learn With Zakariya ini sangat lengkap dalam memberikan konten Belajar Bahasa Arab. Konten tentang kosakata, misalnya. Kanal ini menjelaskan kosakata lengkap dengan gambar ilustrasi dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Materi yang dimuat pun mencakup empat skill dasar Maharatul Istima', Kalam, Lisan, dan Kitabah. Saya merekomendasikan kanal Youtube dengan subscriber 1.7 jt ini untuk Anda ikuti karena secara keseluruhan isi kontennya sangat memudahkan untuk dipahami.

Sering mendengarkan dan menirukan apa yang diucapkan dalam video membuat Anda lebih percaya diri dalam mengguakan bahasa Arab.



3. Madinah Arabic


Salah satu konten kanal Madinah Arabic yang akhirnya membuat saya memutuskan untuk subscribe adalah konten Movie Clip-nya. Admin atau author kanal ini sangat baik dalam menjelaskan struktur, makna dan cara pengucapan kosakata dan frasanya. Ditambah lagi movie klip tersebut diambil dari film. Sehingga bahasa Arab yang digunakan di dalam video terlihat sangat natural. Proses belajar dengan konsep mendengarkan dan menyaksikan sangat terdukung oleh video dari kanal ini.


4. Rachids Welt


Kalau kanal ini langsung disampaikan sama Mas Rachids Welt ya. Kontennya sangat cocok untuk memberikan stimulus dalam pembelajaran maharah Kitabah. Karena beliau penutur asli, jadi sangat membantu juga untuk maharah istimaa' nya. Mendengarkan materi sekaligus belajar menulisnya.


5. Hidaya Center


Kanal ini cocok untuk belajar mengekspresikan dan mengucapkan bahasa Arab dengan baik. Video-video di dalamnya banyak memuat tentang grammtika bahasa Arab (nahwu) yang dibahasa secara ringan dan mudah diingat. Kemudian kita diberikan banyak gambaran penggunaanya dalam konteks percakapan. Konten di kanal ini dibuat untuk selain penutur aslinya.


Nah, itu dia 5 kanal Youtube Belajar Bahasa Arab yang keren versi Fahrizal Mukhdar.

5 Kanal Youtube Belajar Bahasa Arab yang Terbaik versi Fahrizal Mukhdar