Materi Bahasa Arab Perkenalan (Dialog) - Model Pembelajaran Inquiry Learning

Materi ini cocok untuk Anda terapkan dalam proses belajar Bahasa Arab kelas X - Bahasa dan Sastra Arab. Adapun KD yang dicapai adalah KD 3.1 dan KD 4.1.

Model pembelajaran yang dipakai adalah Inquiry Learning yakni siswa diajak untuk menyimak video contoh percakapan perkenalan berbahasa Arab, kemudian siswa diminta untuk mengategorikan setiap percakapan pada 5 kelompok: 1) Sapaan; 2) Perkenalan; 3) Permintaan Maaf; 4) Berterima kasih; 5) Perpisahan. Setelah itu siswa menyimpulkan bahwa cara menyapa, berkenalan, meminta maaf, berterima kasih dan berpisah sebagaimana yang ada dalam video.

Siswa selanjutnya diberi tugas untuk menyusun sendiri dialog percakapan perkenalan. Bisa berkelompok sepasang-sepasang. Lalu mempraktikkannya di depan teman sekelas.

Video Dialog Perkenalan #1




Video Dialog Perkenalan #2




Bagaimana proses penilaiannya?

Penlaian dapat dibagi menjadi latihan lisan dan tertulis.

Penilaian Tertulis dapat diberikan soal pilihan ganda, benar-salah atau ya-tidak. Tergantung KD dan indikator yang ingin dicapai baik C1-C6 (Taksonomi Bloom)

Sedangkan penilaian lisan dapat menggunakan rubrik dengan skala penilaian 1-4.
Aspek yang dinilai: a) kelancaran; b) mufrodat; c) kohesi antar-kalimat; d) Kesesuaian materi dengan konteks percakapan. Agar tidak menebak-nebak dalam penilaian, dapat dibuat kriterian berdasarkan skala 1-4.

Kelebihan proses belajar dengan model ini adalah siswa jadi lebih aktif dan lebih berani berinovasi untuk mengembangkan dialog perkenalan versi mereka sendiri dan siswa jadi lebih banyak bertanya jawab dalam menambah kosakata-kosakata baru.

Kendala yang mungkin dihadapi dalam kelas adalah siswa belum terbiasa mendengar percakapan bahasa Arab sehingga perlu waktu untuk menulis lagi apa yang mereka dengar. Terlebih bagi siswa yang belum memiliki dasar imla'.

Peran guru sebagai sumber materi dan memvalidasi data mereka sangat diperlukan dalam model belajar ini.

Dalam satu pertemuan 2x45 menit KD 3.1  dan 4.1 bisa diselesaikan langsung. Namun apabila Anda ingin menugaskan siswa untuk membuat video percakapan sebagaimana dalam video contoh, mungkin bisa memerlukan waktu sedikit lebih banyak.

Mungkin itu yang dapat saya bagikan kali ini, saran dan masukan dari Anda sangat bermanfat bagi saya.

Jika dirasa postingan kali ini bermanfaat, yuk share kepada guru bahasa Arab lainnya dan berkomentar di bawah jika ada yang ingin didiskusikan ya!

Terima kasih!

Materi Bahasa Arab Perkenalan (Dialog) - Model Pembelajaran Inquiry Learning