Video Dialog Perkenalan Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Referensi dalam Pembelajaran di Kelas - (Hari Ke-1)

Bagaimana perkenalan bahasa Arab yang baik dan benar?

Apa yang ada dalam benak Anda ketika mendengar pertanyaan itu? Kalau saya bereaksinya gini:
Aih, ada juga ya cara berkenalan yang baik dan benar? Kalau salah gimana? Jadi ngeri juga deh kalau nanti pas haji atau umroh ternyata salah ngomong, duuh.Bakalan diprotes gak ya? Ngeri ah. Hehe.
Kebayang ya, betapa mindset kita belajar bahasa selalu terpaku pada benar-salah, padahal selain benar salah ada tahapan belajar yang kita jalani secara alami yaitu belum bisa-sudah bisa. Bagaiaman menurut Anda?

Logikanya gini:

Anda lebih suka yang mana diantara kedua kemungkinan dalam kondisi berikut ini?
Anda di dalam kelas dan diminta maju ke depan teman sekelas lalu diminta berbicara dengan bahasa Arab. 
  1. Kemungkinan pertama yaitu praktik berbicara Anda disalahkan atau dibenarkan. "Kamu salah, harusnya begini", "Apa? Kamu bilang apa tadi? Masa kamu nggak tahu artinya?"
  2. Kemungkinan kedua yaitu ketika Anda belum bisa guru Anda menuntun, kawan-kawan antusias mendukung dan menyemangati sampai Anda berhasil melaluinya dan ketika Anda berhasil melaluinya Anda mendapatkan ucapan "selamat Anda bisa, nanti kita coba lagi ya, tadi ada sedikit yang perlu dikoreksi sih, tapi yang terpenting kamu bisa dan berani. Selanjutnya kamu bisa lebih baik dari ini!"

Saya yakin Anda lebih suka mendapatkan perlakuan yang kedua. Seandainya Anda mengetahui bahwa ketika diminta maju dan praktik Anda akan mendapatkan perlakuan yang pertama, apa yang akan Anda lakukan? Menolak maju? Takut?

Nah itu dia penyebabnya kenapa belajar bahasa Arab jadi sulit bagi peserta didik kita. Kita terlalu sibuk pada penilaian benar-salah, alih-alih berusaha supaya anak-anak yang belum bisa menjadi bisa. Maju dan praktik bahasa Arab menjadi momok menakutkan, bukan?

Tujuan belajar bahasa adalah untuk berkomunikasi. Maka benar dan salah dari penggunaan bahasa yang baru dipelajari bukalah cara penilaian yang tepat. Apalagi kalau sudah dikaitkan dengan segi benar tidaknya ucapan atau kaidah nahwiyah dan shorfiyahnya. Mestinya ketika pembelajaran lebih kepada dimengerti atau tidaknya ucapannya. Kembali ke prinsip pembelajaran bahasa yang saya sampaikan di postingan saya sebelumnya ( Formula Belajar Bahasa Arab yang Mudah, Memahamkan dan Menyenangkan), maka video yang saya kumpulkan sebagai referensi ini lebih mengutamakan agar bapak-ibu guru mengupayakan peserta didik kita dapat mempraktikkannya dan bisa menerapkannya dengan baik sesuai dengan konteksnya.


Video Dialog Perkenalan Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Referensi dalam Pembelajaran di Kelas

Video #1

Video #2

Video #3


Hmm. Mungkin karena keterbatasan saya dalam mencari referensi yang lebih banyak lagi, kata kunci perkenalan diri dalam bahasa Arab yang saya gunakan tidak banyak mereferensikan video yang relevan sesuai yang saya harapkan kecuali pada tiga video diatas. Disatu sisi memang miris, pengguna bahasa Arab aslinya tidak begitu banyak mengupload konten terkait bahasa Arab. Tapi di sisi lain, ini adalah peluang buat para Youtuber dan Guru Bahasa Arab untuk membuat konten yang relevan.

Kembali ke pembahasan Video Dialog Perkenalan Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Referensi dalam Pembelajaran Kelas

Sebelum pembelajaran dimulai, kita bisa menginformasikan terlebih dahulu apa saja ungkapan yang biasanya digunakan ketika hendak berkenalan. Dimulai dari ungkapan sapaan, menanyai kabar, nama, tempat asal, pekerjaan, ungkapan senang sudah berkenalan dan ungkapan perpisahan. Setelah itu peserta didik diajak untuk mengamati percakapan dalam video dan kita bantu memahami konsepnya.

Untuk lebih detil pembahasannya terkait pembelajaran K-13, saya sudah mengulasnya di postingan saya sebelumnya. (Baca Juga: Materi Bahasa Arab Perkenalan (Dialog) - Model Pembelajaran Inquiry Learning)

Nah, itu tadi adalah 3 video yang bisa Anda jadikan referensi untuk media pembelajaran Bahasa Arab di kelas. Tapi, saran saya sebagai guru bahasa Arab, kita perlu membuat konten serupa yang lebih baik versi kita. Karena ya itu, ketika saya mencari dengan kata kunci Arab, yang muncul adalah orang Arab membuat Video perkenalan bahasa Inggris. Jadi, siapa lagi yang bisa memberikan konten yang dibutuhkan kalau bukan kita, iya Anda juga yang berkecimpung dalam pendidikan Bahasa Arab.

Semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda ya! Kalau iya, monggo klik share, bagikan ke kawan-kawan guru Bahasa Arab se-Indonesia. hehe.

Postingan ini saya buat juga sebagai komitmen saya untuk melaksnakan Tantangan 40 Hari Menulis. Ini hari ke-1. Mohon doanya dan dukungannya ya supaya bisa menyelesaikan tantangan ini sampain tuntas dan maksimal. Buat Anda yang juga ingin ikutan tantangan, silahkan klik Banner di sidebar saya ini ya.

Terima kasih!

 

Video Dialog Perkenalan Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Referensi dalam Pembelajaran di Kelas - (Hari Ke-1)